Home / Berita / SMA ITUS Ikuti Diklat Literasi

SMA ITUS Ikuti Diklat Literasi

img20171027094701

ITUS Juara –Pada tanggal 18 Oktober telah dilaksanan Diklat Literasi yang bertempat di SMAN 1 Mandirancan. Kegiatan ini diikuti oleh 6 sekolah yang mana masing-masing sekolah diwakili oleh guru dan siswa yang berjumlah 10 orang. Kegiatan ini merupakan kegiatan inisiatif dari sekolah – sekolah bagian utara Kuningan. Kegiatan ini dilaksanakan bertujuan untuk memberikan gambaran terkait kegiatan literasi sekolah yang merupakan program pemerintah. Kegiatan literasi diaktifkan kembali mengingat negara Indonesia yang berada di urutan ke-64 dari 65 negara yang minat bacanya rendah. Oleh karenanya,  kegiatan literasi ini digalakan kembali. Kegiatan ini dibuka langsung oleh Kepala BP3 Wilayah VII, Bapak Diding Gusutardi, M.Pd. Lalu diisi dengan materi mengenai Gerakan Literasi Sekolah (GLS) dan praktiknya di lapangan.

Dalam kegiatan tersebut, dijelaskan bahwa ada 3 tahapan literasi, yaitu pembiasaan, pengembangan, dan pembelajaran. Dalam tahap pembiasaan, siswa diminta untuk membaca sebuah buku yang mereka pilih dalam waktu yang telah ditentukan secara berlanjut. Sedangkan dalam tahap pengembangan, siswa sudah mulai diberikan tagihan. Yaitu siswa membuat resume dari buku yang telah mereka baca. Dan dalam tahap pembelajaran, siswa mempresentasikan hasil resume dari buku yang mereka baca.

Siswa pun ikut dilibatkan dalam kegiatan ini, diharapkan mereka bisa ikut mensosialisasikan gerakan ini dan lebih memahami lagi apa itu literasi juga memahami pentingnya membaca.

Penulis: Ida Jubaidah, S.Pd.

Editor : Manx & Dms

About admin

Check Also

sma-itus-top-10-dalam-lomba-video-axis-tingkat-nasional

SMA ITUS, Top 10 Dalam Lomba Video AXIS Tingkat Nasional

ITUS Juara –  Senin, 04 Desember 2017, SMA ITUS menerima penghargaan dari BRAND AXIS. Melalui ...

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *