Home / Berita / SMA ITUS Kerja Sama dengan Perintis ITB

SMA ITUS Kerja Sama dengan Perintis ITB

perintis-itb-2017
Foto : Wahyu Hadiyana, S.Pd (Guru SMA ITUS) beserta tim pelaksana seleksi beasiswa perintis Institut Teknologi Bandung (ITB)/dok.ITUS

ITUS Juara – Pada 19 November 2017, SMA ITUS  dipercaya menjadi tuan rumah pelaksanaan seleksi beasiswa perintis ITB, yaitu beasiswa bimbingan  persiapan masuk PTN yang diselenggarakan oleh Yayasan Salman ITB. Beasiswa Perintis Salman ITB adalah beasiswa yang dikhususkan untuk memberikan pendampingan atau mentoring dan bimbingan agar siswa  bisa masuk ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan meraih beasiswa dari berbagai donor tanpa harus mengikuti bimbel-bimbel pada umumnya.  Program beasiswa Salman Institut Teknologi Bandung (ITB) akan menyeleksi siswa kelas XII SMA sederajat di Provinsi Jawa Barat (beberapa kota/kabupaten), dan akan menyeleksi peserta selama 1 bulan di camp. Di camp inilah, para peserta terpilih akan mendapat pendampingan dan bimbingan khusus agar dapat memenuhi persyaratan administratif beasiswa dari berbagai lembaga.

Tes Perintis ITB Kabupaten Kuningan dilaksanakan pada hari Minggu 19 November 2017,bertempat di kampus SMA ITUS yang diikuti oleh 127 siswa kelas XII dari seluruh sekolah yang ada di kabupaten Kuningan. SMA ITUS sendiri mengirimkan 21 siswa-siswi terbaiknya dalam mengikuti ujian Perintis ITB. Tes beasiswa Perintis ITB sendiri dilaksanakan melalui beberapa tahap. Salah satunya adalah dengan ujian Tes Potensi Akademik (TPA) dengan jumlah soal sebanyak 90 soal dengan waktu pengerjaan150 menit dan dilanjutkan dengan Tes Saintek sebanyak 60 buah soal, dengan waktu pengerjaan 150 menit.

Siswa-siswi yang lolos pada ujian Tes Perintis ITB akan berkesempatan mendapatkan beasiswa dan mendapatkan pelatihan khusus selama kurun waktu 1 bulan. Selain itu, selama di camp, peserta akan mendapat bimbingan belajar, pelatihan motivasi dan kuliah umum dengan pengampu dosen-dosen dari ITB. Asyiknya lagi, ada empat kali try out  yang bisa diikuti peserta agar siap menjalani seleksi masuk PTN. Bukan Cuma itu, setelah masuk PTN, peserta Beasiswa Salman ITB akan terus mendapatkan pendampingan dan pembinaan selama kuliah baik secara akademik, keagamaan, kepemimpinan maupun aspek lainnya. Pemilihan PTN-nya sendiri akan ditentukan oleh Tim Beasiswa Perintis.

So,bagi kamu yang pilihan kuliahnya ada dalam kategori beasiswa perintis, silakan daftar untuk bersekolah di SMA ITUS KUNINGAN, yang telah berkerjasama dengan PERINTIS ITB.

Penulis: Rizky Ramadhan & Pera Anabela Oktavia

Editor : Manx & Dms

About admin

Check Also

21308_ppta-sma-itus

PPTA SMA ITUS Kuningan Di Objek Wisata Sidomba

ITUS Juara – SMA ITUS Jalaksana mengadakan kegiatan kemah pramuka di area lapangan ring 2 ...

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *